Saturday, June 16, 2012

Alat dan Bahan Belajar Online


Alat dan Bahan Memulai BISNIS ONLINE

Oke langsung saja, seperti apa alat dan bahan yang kita perlukan untuk memulai bisnis online ? 
Untuk Anda yang mahir di bisnis online, artikel berikut mungkin terlihat sangat bodoh, namun sama halnya dengan saya yang bodoh, hal-hal basic seperti ini terkadang luput dari perhatian. Untuk Anda yang baru belajar online, saya yakin tulisan ini ada manfaatnya, besar ataupun kecil.

Alat
Alat yang diperlukan biasanya mencakup :

- PC / Laptop / Netbook. BIsa milik pribadi ataupun pinjam pakai dari Kantor atau teman. Jika Anda menggunakan milik orang lain, saya sarankan Anda memiliki :

- Flashdisk. Sebaiknya ukuran cukup besar. Sekarang sudah banyak Flashdisk yang dijual dengan harga murah. Bisa 8 GB atau 16 GB atau lebih. Jadi Anda bisa membawa "pekerjaan" Anda di dalam Flashdisk dan dikerjakan dimanapun. Flashdisk sangat efektif untuk yang sering-sering gonta-ganti komputer. Tapi hati-hati dengan virus Windows. 

- Harddisk external : Pilih HD Ext, sesuai kebutuhan, tipe dan juga ukurannya. HD digunakan jika Anda ingin serba super luas dalam menyimpan file.

- Modem USB : Jika Anda sangat mobile atau tidak memiliki jaringan internet (=LAN), sebaiknya memiliki modem dan kartu internetnya. Modem saat sekarang harganya sekitar 300 ribuan, ada jg yang kurang dari itu jika ada promo Bundling, biasanya. Atau ada juga yang 99 ribu, seperti modemnya Esia.

- Paypal, Liberty Reserve
Dua nama ini adalah alat pembayaran Anda yang hampir semua bisa digunakan untuk pembayaran secara online.

- Online Banking. Ayo segera daftarkan nomor rekening Anda dan mulailah bertransaksi secara online. Online banking memudahkan dalam hal pembayaran dan pengecekan harga.


BAHAN :
- Buku, kertas dan pulpen. Jangan karena mau bisnis online, maka semuanya harus serba online. Tidak juga. Buku catatan serta pulpen sangat diperlukan. Ini untuk mencatat ide-ide dasar, khayalan dan impian serta garis-garis kerja yang akan dilakukan. Jadi saat berhadapan dengan internet, Anda bisa fokus pada draft yang telah disusun di buku catatan tadi.

- Pulsa, jika Anda menggunakan modem USB, berarti pulsa menjadi sangat krusia. Banyaknya provider membuat Anda semakin mudah mencari pilihan. Saya sendiri tidak fanatik terhadap satu merk provider saja. Tergantung mana yang punya biaya paling kecil. 
Biasanya saya sering memilih unlimited sebulan. Tapi saat ini menggunakan XL kuota. Kalau memilih jenis kuota, jangan sampai terlalu sering mendownload karena walaupun berjalan sangat cepat, 

(......... sudah jam 1 malam, dilanjutkan lain kali aja .....
sekedar informasi lainnya, silahkan baca http://sampinganonline.blogspot.com 

No comments:

Post a Comment